Rabu, November 19, 2008

Sejarawan : Iklan PKS Tak Salah

Ken Yunita - detikNews

Jakarta - Gambar KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy'ari muncul di iklan politik PKS. Partai ini pun kena protes. Apakah PKS patut disalahkan karena menampilkan para pahlawan nasional itu untuk kampanye?

Menurut sejarahwan Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) Asvi Warman Adam, tidak ada masalah dalam iklan politik PKS yang kini kerap lalu lalang di layar kaca itu. Hal itu karena, kedua tokoh yang muncul adalah pahlawan nasional.

"Itu ikon pahlawan nasional, itu nggak masalah. Boleh dipakai siapa saja," kata Asvi kepada detikcom, Jumat (31/10/2008).

Asvi menilai, tampilnya tokoh nasional di dalam iklan politik sangat positif. Anak-anak dan masyarakat, dapat belajar sejarah dari iklan.
"Kan tidak semua tokoh nasional diajarkan dalam pelajaran sejarah sekolah. Jadi saya mendukung sekali dan kalau bisa malah ditambah," katanya.

Sebelumnya, Gerakan Pemuda Nahdhatul Ulama (NU) mempermasalahkan iklan PKS yang menampilkan tokoh pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari. Sementara Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah merasa pemuatan pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan dalam iklan politik PKS di televisi akan merugikan Muhammadiyah.(ken/iy)

Tidak ada komentar: